| |

Cultural Appreciation

cultural_04.jpgcultural_02.jpgcultural_03.jpgcultural_05.jpgcultural_01.jpg

Suara riuh rendah terdengar di ruang serbaguna SD Kristen Petra 7, hari itu, Sabtu tanggal 13 Desember 2014. Ada apakah gerangan ya? Ternyata ada acara PKK dalam rangka menghormati dan mencintai budaya Indonesia. Teman-teman ada yang menampilkan acara dolanan dari Jawa Tengah, tari-tarian, bahkan parikan (pantun dalam bahasa Jawa). Tak ketinggalan, para guru pun juga ikut memeriahkan acara apresiasi budaya ini. Ada yang bergabung dalam drama cerita rakyat dengan judul “Bawang Merah, Bawang Putih”, dan ada pula yang bermain kulintang dengan lagu “Rek, Ayo Rek”. Wah pokoknya meriah sekali acara PKK kali ini. Sebagai penutup, kami makan jajan pasar bersama sambil minum es cao, hhmmm, sedap… Teman-teman, hikmah apa yang dapat kita petik dari acara ini? Melalui acara ini kita menjadi tahu betapa banyak ragam budaya yang kita miliki dan tidak mudah untuk mempertahankan semuanya. Sangat diperlukan kesadaran kita untuk melestarikan budaya tersebut, misalnya dengan menyanyikan lagu-lagu daerah di samping lagu-lagu dari negara lain. Permainan rakyat untuk anak-anak perlu sekali waktu kita mainkan dan kita juga harus rajin membaca cerita rakyat dari berbagai daerah, supaya kita tahu asal usul suatu daerah. Dengan demikian, kita bisa menjadi duta budaya untuk negara kita tercinta ini, iya kan?

 

Menimbang Sebelum Bertindak

Pada Sabtu, tanggal 17 Mei 2014 sekolah kami SD Kristen Petra 7 mengadakan kegiatan PKK dengan tema “Menimbang Sebelum Bertindak” kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pembelajaran kepada kita agar tidak bertindak sembarangan dan tanpa pertimbangan, melainkan berpikir masak-masak dan mempertimbangkan baik buruknya atau sebab akibatnya. Dalam kegiatan kelasnya kami mengadakan permainan bersama teman dan guru. Wah seru sekali permainannya. Tapi intinya, kami sekarang memahami bahwa untuk melakukan segala sesuatu, kami perlu memikirkan hasil dari tindakan kami, apakah merugikan diri sendiri bahkan orang lain, ataukah malah menjadi berkat bagi banyak orang.

menimbang_04.jpgmenimbang_02.jpgmenimbang_01.jpgmenimbang_03.jpg

I Love Fairness

Pendidikan Karakter Kristiani atau PKK yang diselenggarakan oleh PPPK Petra merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan karakter – karakter positif dalam diri para siswa sehingga mereka dapat bertumbuh menjadi pribadi yang berkarakter baik, takut akan Tuhan, disiplin serta memiliki iman, moral, dan tanggung jawab yang tinggi, mengasihi Tuhan, orang tua dan sesama.

My First World Record

Biarkan aku meraih bulan
Meski masih kecil nian
Namun slalu ada harapan
Dan ada banyak jalan
Bagiku di masa depan

Begitulah kira-kira yang ada di dalam hati anak-anak kelas satu ini, ketika mereka mengikuti acara “My First World Record” sebagai salah satu program untuk menunjukkan bahwa anak-anak sedari kecil seharusnya sudah diberi wawasan akan cita-cita yang ingin mereka raih kelak. Adapun tujuan lain dari diadakannya acara ini adalah untuk menggali keberanian anak untuk tampil dan berbicara di depan umum mengenai cita-cita dan harapan mereka. Hari itu Sabtu tanggal 20 April 2013 aula SD Kristen petra 7 dipenuhi oleh para professional kecil. Ada dokter,hakim, presiden, perawat, koki, olahragawan, guru, tentara, polisi, bahkan astronot yang duduk dengan rapi menunggu giliran untuk naik ke atas panggung satu persatu untuk berpose dengan gaya dan properti profesi mereka masing-masing.

record9.jpgrecord4.jpgrecord8.jpgrecord3.jpgrecord5.jpgrecord7.jpgrecord1.jpgrecord2.jpg

Aku Mau Bertanggung Jawab Atas Kebebasan

Pada hari Sabtu, 17 Maret 2012 di SD Kristen Petra 7 siswa kelas 1 dan 2 bermain Permainan Merangkai Kata sedangkan siswa kelas 3 bermain Permainan Tebak Kata. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok dan soal dikerjakan di selembar kertas. Nah, kata yang sudah pernah disebutkan tidak boleh disebutkan lagi. Setiap kelompok diberi kata yang setiap hurufnya diganti dengan huruf awal benda lain. Hayo bingung tidak…? Perhatikan contoh berikut ini ya supaya tidak bingung… Hehehe…

boost the values reap the success