| |

PERSARI

Salam Pramuka! Hari Sabtu, 15 Februari adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh para siswa kelas IV SD Kristen Petra 7 karena mereka mengikuti kegiatan PERSARI (Perkemahan Satu Hari) yang diadakan di sekolah. Para siswa membawa semua perlengkapan dan berada dalam kelompok. Ada 9 kelompok dan satu kelompok terdiri dari 9-10 siswa.

IMG20200215132228.jpg1.jpgIMG20200215105153.jpg3.jpgIMG20200215080439.jpg2.jpg

Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua Pembina. Upacara berlangsung dengan lancar dan para siswa mengikutinya dengan baik. Setelah upacara, para siswa langsung berkelompok dan mengikuti beberapa kegiatan dasar dan keterampilan Pramuka antara lain: belajar tali temali dan semapur. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan istirahat makan siang dengan menu Sup Sehat. Semua siswa menikmati hidangan sehat yang sudah disiapkan dengan baik. Mereka mengambil makanan secukupnya tanpa membuang makanan.

Setelah kegiatan makan siang dan istirahat, dilanjutkan dengan kegiatan Dinamika Kelompok yang bertujuan untuk belajar bersama dan bekerjasama dalam kelompok. Dinamika Kelompok kali ini disajikan dengan berbagai permainan yang menantang seperti: permainan Seberang Selat, Halang Rintang, Blind Spot, Rolling Circle dan Membawa Nuklir. Para siswa bersemangat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh Kakak Pembina dan mereka bekerjasama dengan kelompoknya dengan baik.

Meskipun hari sudah sore namun semangat dan antusias terlihat di wajah para siswa. Puji Tuhan, kegiatan PERSARI berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menjadi anak-anak yang tangguh, mandiri, terampil dan dapat bekerjasama dengan sesama dan orang-orang di sekitar mereka.

Fantastic Learning

Suasana berbeda terlihat di SD Kristen Petra 7 pada hari Sabtu, 15 Februari 2020. Banyak siswa-siswi TK beserta orang tua mereka  datang  dengan sukacita dan berkumpul di  aula SD Kristen Petra 7. Mereka menghadiri kegiatan Art, Science, and Charity Event dengan tema Fantastic Learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan motorik halus anak, menumbuhkan keberanian berkompetisi mulai usia dini dan menumbuhkan sikap tangguh serta pantang menyerah dalam melalui tantangan. Ada dua kegiatan utama dalam kegiatan ASCE kali ini, yaitu: Rally Game dan Lomba Mewarna. Keseruan, ketangkasan dan kelincahan para siswa TK terlihat ketika mereka mengikuti Rally Game dan harus melewati 6 pos yang tersedia, setelah berhasil melewati semua pos, para siswa mendapat goodie bag yang menarik.

Kegiatan ASCE ini juga dimeriahkan oleh perwakilan siswa kelas I, II, dan III SD Kristen Petra 7 yang tergabung dalam kegiatan Ekstrakurikuler  dan beberapa siswa kelas V yang tergabung dalam Excellent Life Skills. Mereka mendampingi adik-adik TK-B dan juga mempersembahkan tarian dan nyanyian dengan baik dengan penuh sukacita. Tidak ketinggalan pula beberapa siswa kelas VI juga bermain alat musik Kulintang. Puji Tuhan, acara berjalan dengan tertib dan lancar. Para siswa TK beserta orang tua yang mendampingi senang mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Persembahan Talenta di Tahun Baru

IMG20200117161206

Suasana yang meriah dan hiasan khas berwarna merah serta emas terlihat di beberapa sudut kota Surabaya. Tampak pula pohon Sakura yang cantik diletakkan di sudut ruangan. Ini menandakan Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Banyak persiapan yang dilakukan. Tepatnya pada hari Jumat, 17 Januari 2020, Chloe Madeline Susanto, Sonia Veronica Liauwnoto dan David Leroy Santoso, siswa kelas II dan kelas III SD Kristen Petra 7 terlihat sangat antusias berlatih menyanyi bersama guru mandarin sebelum mereka tampil. Mereka bersiap-siap dengan mengenakan kostum merah serta aksesoris Imlek. Mereka mengisi kegiatan tampilan Prosperous Lunar Festival 2020 yang bertempat di Atrium Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya. Pada hari itu, Chloe Madeline Susanto, Sonia Veronica Liauwnoto dan David Leroy Santoso mempersembahkan lagu Gong Xi..Gong Xi. David mempersembahkan lagu Wo Ai Wo Te Cia. Suara merdu serta gerakan lincah dari mereka menambah semarak kegiatan Prosperous Lunar Festival 2020. Puji Tuhan, kegiatan berjalan dengan lancar dan para siswa menampilkan yang terbaik dengan talenta yang Tuhan sudah berikan.

IMG20200117172847

IMG20200117155500

Sang Tunas Membawa Harapan

Lagu-lagu Natal bergema di seluruh muka bumi. Terlihat kesibukan umat Kristiani dalam mempersiapkan Natal. Tidak ketinggalan para siswa. Semangat Natal terpancar dari keseruan para siswa SD Kristen Petra 7 ketika mereka mengikuti perayaan Natal pada hari Jumat, 13 Desember 2019. Perayaan natal diawali dengan pembacaan puisi Natal oleh Brandon, salah satu siswa kelas VA. “ Sang Tunas Membawa Harapan” sebagai tema dari perayaan Natal tahun ini. Puji-pujian Natal dilantunkan oleh para siswa dengan diiringi musik perkusi, keyboard dan biola yang merupakan kolaborasi antara guru musik dan siswa yang memiliki talenta di bidang musik.   Para siswa mempersembahkan puji-pujian, dance, paduan suara siswa juga mempersembahkan tiga pujian antara lain: Beauty of Jesus, Hai Mari Berhimpun dan Clap Your Hands, story telling, siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler pianika mempersembahkan iringan lagu Malam Kudus dan Gita Surga Bergema.

IMG_1032.jpgIMG_1022.jpgIMG_1030.jpgIMG_0963.jpgIMG_1056.jpgIMG_1025.jpg
 

Sukacita tampak dari wajah para siswa,  tepuk tangan dengan nyanyian yang gembira  menambah kemeriahan perayaan  natal di SD Kristen Petra 7. Di akhir acara tersebut para siswa saling bersalaman dengan ucapan “ Merry Chrismas and Happy New Year”.

To be a Better Me

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan istimewa.  Itu sebagian lirik lagu ”Kuistimewa” yang dinyanyikan berulang-ulang dengan riang dan semangat oleh para siswa peserta camp siswa Kelas V SD Kristen Petra 7 , yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Agustus 2019 di Wisma Griya Kusuma Indah, Pacet, Mojokerto.

camp_03.jpgcamp_02.jpgcamp_01.jpgcamp_04.jpg
 

Melalui tema ” To be a Better Me ” , diharapkan sedari dini anak-anak menyadari dirinya istimewa sebagaimana adanya dia saat ini yang telah diciptakan segambar dengan Allah. Setiap anak harus belajar menerima keadaan dirinya yang berbeda-beda sebagai anugerah Tuhan yang patut disyukuri, bukan membandingkan atau mempersalahkan bahkan menyesalinya. Para siswa dibekali pemahaman tersebut melalui camp ini sehingga kehidupan mereka menjadi lebih baik dalam memahami dirinya sendiri dan memahami Allah yang telah menciptakannya.

boost the values reap the success