| |

Belajar Sambil Bermain di Rumah

Di tengah gempuran wabah Virus Corona yang telah ditetapkan sebagai pandemi, semua aspek kehidupan masyarakatpun terkena dampaknya. Dampak ini sangat terasa terutama ketika para siswa seluruh Indonesia tidak dapat belajar di sekolah. Mereka harus stay at home dan belajar di rumah.

Joanne_Emmanuella.jpgSelena_Octavia.jpgWhatsApp_Image_2020-04-15_at_11.26.04.jpegWhatsApp_Image_2020-04-15_at_11.26.05.jpeg

Pembelajaran berbasis online dilakukan oleh para siswa SD Kristen Petra 7 dengan materi yang berbeda dan menarik setiap hari. Pada hari Selasa, 31 Maret 2020, di saat semua siswa sedang belajar di rumah, siswa-siswi kelas II juga belajar sambil bermain. Kali ini, mereka belajar Science dengan tema Float or Sink. Dalam pembelajaran ini, guru mengajak para siswa untuk bereksperimen di rumah dengan menggunakan wadah kecil yang berisi air, beberapa benda seperti pensil kayu, bolpen, penghapus, batu dan uang koin. Eksperimen yang dilakukan sangat mudah, para siswa memasukan benda-benda tersebut satu persatu ke dalam air sambil mengamati apakah benda tersebut melayang atau tenggelam. Setelah mengamati, para siswa menulis hasil pengamatan di buku latihan dan dapat mencoba melakukan eksperimen tadi dengan menggunakan benda yang lain, seperti: penggaris, sendok dan masih banyak lagi. Wah.. ternyata belajar Science memang asyik dan menyenangkan.

Para siswa juga belajar Matematika tentang Pecahan dengan menggunting kertas menjadi bentuk lingkaran dan persegi lalu membagi kertas tersebut menjadi setengah, sepertiga dan seperempat. Selain belajar Matematika, para siswa juga belajar Bahasa Inggris yang disajikan dengan menarik dalam bentuk video dan para siswa belajar bernyanyi serta belajar kosa kata sesuai tema pada hari itu.

Meskipun para siswa belajar di rumah, mereka tidak bosan karena Bapak dan Ibu Guru selalu memberi materi pembelajaran yang sudah dikemas dengan menarik sehingga pembelajaran di rumah tidak membosankan. Terselenggaranya pembelajaran berbasis online ini tidak luput dari kerjasama dengan orang tua yang sudah meluangkan waktu mereka yang berharga untuk tetap mendampingi para siswa belajar di rumah. Kita berdoa semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir sehingga para siswa dapat kembali belajar di sekolah seperti sediakala.

boost the values reap the success