| |

Virtual Field Trip to Surabaya Zoo

Virtual4.jpegVirtual5.jpegVirtual3.jpegVirtual1.jpegVirtual2.jpeg

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat para siswa SD Kristen Petra 7 untuk belajar meskipun pembelajaran dilakukan secara online. Mereka tetap ceria dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran di rumah yang sudah dipersiapkan oleh Bapak dan Ibu Guru dengan menarik, salah satunya adalah mengikuti kegiatan Virtual Field Trip to Surabaya Zoo yang seru. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa kelas III SD Kristen Petra 7 pada hari Selasa, 13 Oktober 2020. Field trip kali ini berbeda dari biasanya karena dilakukan secara virtual mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk para siswa pergi bersama-sama. Meskipun dilakukan secara virtual, field trip kali ini sangat menarik dan menyenangkan. Para siswa berpakaian seperti sedang mengikuti field trip sungguhan, lho. Mereka memakai masker, membawa hand sanitizer, memakai topi supaya tidak kepanasan, membawa bekal dan botol minum yang berisi air mineral yang segar. Ibu Guru menjadi pemandu yang memberi arahan dengan gaya yang unik. Para siswa berkeliling dan melihat banyak macam hewan. Mereka juga mencatat beberapa hewan, bekerja dalam kelompok dan mengikuti permainan yang menarik, seperti: menirukan suara hewan dan mencari beberapa benda yang ada di rumah yang warnanya seperti warna bulu beberapa hewan yang dilihat di kebun binatang. Wow! Seru sekali! Para siswa tidak sabar untuk ikut dalam kegiatan virtual field trip berikutnya.

 Pendampingan Belajar di Era Pandemi

PendampinganBelajar1

Pada hari Jumat, 28 Agustus 2020, SD Kristen Petra 7 mengadakan ceramah online untuk orang tua siswa kelas I dengan tema “ Pendampingan Belajar di Era Pandemi “.Walaupun dilaksanakan secara online, ceramah ini mendapat sambutan yang baik dari para orang tua siswa. Ini terbukti dengan hadirnya semua orang tua siswa kelas I di kegiatan tersebut. Pembicara dalam ceramah ini adalah Dra. Lanny Herawati. Beliau memberi beberapa tips untuk mengasuh anak dengan cara fun namun hasilnya yang terbaik dan efektif, antara lain:

  1. Mengurangi dan membatasi waktu bermain
  2. Menemani anak belajar dan mengulang pembelajaran hari itu, apakah anak sudah paham atau belum.
  3. Membatasi anak bermain game di Perhatian anak dialihkan untuk bermain permainan tradisional yang mengasah otak.

PendampinganBelajar2

Ibu Lanny menambahkan bahwa orang tua hendaknya juga harus berusaha untuk lebih kreatif dalam mengajak anak untuk bermain dan berkegiatan. Orang tua sedapat-dapatnya bisa mengendalikan anak dalam menggunakan gadget dengan memberi durasi waktu yang tepat. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan orang tua mengikutinya dengan antusias.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu orang tua siswa, khususnya orang tua siswa kelas I dalam mendampingi para siswa belajar selama masa pandemi.

My Creative Projects

MyCreativeProject3.jpgMyCreativeProject2.jpgMyCreativeProject4.jpg
 

Berkreasi dan berkreasi itulah semangat yang ditunjukkan oleh para siswa kelas I – VI SD Kristen Petra 7 ketika mereka mengikuti kegiatan Proyek Bersama Orang Tua. Dalam kegiatan yang berlangsung pada tanggal 20 – 22 Agustus 2020, para siswa menunjukkan kreativitas mereka dalam menghias bekal, membuat tumpeng mini dan membuat pudding merah putih. Orang tua mempersiapkan bahan yang diperlukan  serta membimbing para siswa dalam mengolah bahan tersebut menjadi makanan yang lezat, bersih, bergizi dan indah.  Hasil karya para siswa sangat memuaskan. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan didukung oleh orang tua yang dengan setia mendampingi anak-anak mereka dalam pembelajaran daring selama masa pandemi.

Mari terus berkarya, teman-teman!

The Power of Words

Memotivasi untuk menambah semangat dan membuat hidup orang lain menjadi semakin ceria sangat baik untuk dilakukan setiap hari. Seperti yang Tuhan inginkan bahwa kita harus memuliakan Tuhan dengan seluruh anggota tubuh kita, mulut kita memuji Tuhan dan mengeluarkan kata-kata yang baik. Demikian juga anggota tubuh kita yang lain dapat memuliakan Tuhan dengan melakukan hal-hal yang baik juga.

The_power1.jpgThe_power2.jpgThe_power4.jpgThe_power3.jpg

SD Kristen Petra 7 mendidik para siswa untuk selalu bertutur kata dan bersikap baik kepada orang lain melalui kegiatan KGB atau biasa disebut dengan Kompas Generasi Baru yang diadakan pada hari Selasa, 4 Agustus 2020 dengan topik Saya Dapat Mengendalikan Kata-kata dan Perilaku Saya. Para siswa merefleksikan tentang banyak hal, salah satunya adalah apakah kata-kata yang diucapkan oleh mereka pernah menyakiti hati orang lain atau tidak. Selain itu, para siswa juga diajak untuk membuat kartu yang berisikan kalimat positif untuk diberikan kepada teman-teman dengan tujuan agar teman-teman dapat termotivasi. Para siswa sangat antusias membuat kartu-kartu motivasi yang mereka tulis, bentuk dan hias dengan bagus. Your words have great power. Use them to support and inspire.

Karya Dalam Seni Menggambar

Karya1.jpgKarya3.jpgKarya2.jpg

Pada hari Rabu, 22 Juli 2020, para siswa kelas I – III SD Kristen Petra 7 mengikuti pelajaran Seni Rupa, yaitu menggambar melalui aplikasi zoom. Pembelajaran ini dipandu oleh seorang pengajar yang sangat kreatif dan ahli di bidangnya.

Dalam kesempatan ini, para siswa belajar menggambar dekoratif tentang flora dan fauna. Beberapa siswa menggambar kehidupan bawah laut dengan ikan berwarna-warni dan tanaman laut yang bermacam-macam. Ada juga yang menggambar kupu-kupu yang terbang di alam bebas dan menikmati indahnya bunga-bunga yang mekar. Eh… ada juga yang menambahkan tokoh robot ke dalam alam bawah lautnya dengan maksud sebagai pelindung ikan-ikan dan tanaman laut dari ancaman hewan pemangsa. Lucu sekali dan sangat kreatif.

Meskipun para siswa belajar dari rumah, mereka tetap mempersembahkan karya yang indah. Tetap semangat dan terus berkarya.

boost the values reap the success