| |

Let’s Clean Up

Picture2.jpgPicture3.jpgPicture1.jpgPicture4.jpg

Selama masa Pandemi Covid 19, siswa-siswi SD Kristen Petra 7 belajar di rumah. Di rumah, siswa-siswi bukan hanya belajar tentang mata pelajaran yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru melalui pembelajaran online melainkan mereka juga belajar tentang keterampilan dasar yang merupakan salah satu kegiatan SD Kristen Petra 7 yaitu Basic Life Skills (BLS). Menurut WHO life skill atau keterampilan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif.

Kegiatan BLS kali ini adalah mengerjakan pekerjaan di rumah antara lain membantu orang tua membersihkan rumah. Membersihkan rumah bukan hanya pekerjaan asisten rumah tangga. Siapa saja dapat melakukannya. Kebiasaan membantu orang tua harus dibiasakan sejak kecil, seperti: menyapu, merapikan buku, merapikan mainan, merapikan tempat tidur, membersihkan kamar, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal-hal tersebut, para siswa secara tidak langsung juga berolah raga dan melatih tanggung jawab mereka terhadap milik bersama. Kegiatan ini membuat rumah menjadi bersih dan sehat.

Para siswa SD Kristen Petra 7 mengikuti kegiatan ini dengan baik. Ada yang baru pertama kali memegang sapu, melipat selimut, dan merapikan mainan, tetapi para siswa sangat bersemangat dan terus belajar. Orang tua juga tetap memantau dan memberi arahan sehingga mereka dapat melakukannya dengan baik.

Membantu orang tua merupakan kewajiban setiap anak. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang mandiri, tangguh dan berprestasi serta berbakti kepada orang tua dan bangsa. Let’s clean up, stay healthy and safe.

Gerak Langkah Tunggal dan Ganda

1,2,3,4,5,6,7,8…. Itulah hitungan yang dipelajari oleh para siswa SD Kristen Petra 7, salah satunya adalah siswa-siswi kelas II. Sejak pemerintah meminta sekolah - sekolah untuk memberlakukan pembelajaran dari rumah karena merebaknya virus corona, para siswa juga melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan secara online yaitu dengan melihat video pembelajaran, mengikuti video conference sambil melakukannya di rumah.

Screenshot 77

Dalam kesempatan ini, para siswa belajar gerak langkah tunggal dan ganda. Mereka dengan cekatan belajar melangkah di halaman rumah pada pk 10.00 pagi sambil ditemani oleh orang tua. Para siswa mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias, terlihat mereka juga mengenakan seragam olah raga dan menirukan gerakan berulang kali dengan penuh semangat.

SFH Aktivitas Jasmani 2A 2 1

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga kondisi fisik para siswa agar tetap prima dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Selain para siswa mempraktikan gerakan langkah tunggal dan ganda, mereka juga selalu diingatkan oleh Bapak/Ibu Guru untuk menjaga kesehatan dan melakukan gaya hidup sehat selama belajar di rumah, antara lain: selalu minum air putih dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Seluruh masyarakat Indonesia, terutama para siswa berharap Pandemi Covid 19 ini segera berakhir sehingga mereka dapat belajar lagi di sekolah bersama Bapak/Ibu guru dan teman-teman seperti dulu. Tuhan pasti menyembuhkan Indonesia. Amin

Belajar Sambil Bermain di Rumah

Di tengah gempuran wabah Virus Corona yang telah ditetapkan sebagai pandemi, semua aspek kehidupan masyarakatpun terkena dampaknya. Dampak ini sangat terasa terutama ketika para siswa seluruh Indonesia tidak dapat belajar di sekolah. Mereka harus stay at home dan belajar di rumah.

Joanne_Emmanuella.jpgSelena_Octavia.jpgWhatsApp_Image_2020-04-15_at_11.26.04.jpegWhatsApp_Image_2020-04-15_at_11.26.05.jpeg

Pembelajaran berbasis online dilakukan oleh para siswa SD Kristen Petra 7 dengan materi yang berbeda dan menarik setiap hari. Pada hari Selasa, 31 Maret 2020, di saat semua siswa sedang belajar di rumah, siswa-siswi kelas II juga belajar sambil bermain. Kali ini, mereka belajar Science dengan tema Float or Sink. Dalam pembelajaran ini, guru mengajak para siswa untuk bereksperimen di rumah dengan menggunakan wadah kecil yang berisi air, beberapa benda seperti pensil kayu, bolpen, penghapus, batu dan uang koin. Eksperimen yang dilakukan sangat mudah, para siswa memasukan benda-benda tersebut satu persatu ke dalam air sambil mengamati apakah benda tersebut melayang atau tenggelam. Setelah mengamati, para siswa menulis hasil pengamatan di buku latihan dan dapat mencoba melakukan eksperimen tadi dengan menggunakan benda yang lain, seperti: penggaris, sendok dan masih banyak lagi. Wah.. ternyata belajar Science memang asyik dan menyenangkan.

Para siswa juga belajar Matematika tentang Pecahan dengan menggunting kertas menjadi bentuk lingkaran dan persegi lalu membagi kertas tersebut menjadi setengah, sepertiga dan seperempat. Selain belajar Matematika, para siswa juga belajar Bahasa Inggris yang disajikan dengan menarik dalam bentuk video dan para siswa belajar bernyanyi serta belajar kosa kata sesuai tema pada hari itu.

Meskipun para siswa belajar di rumah, mereka tidak bosan karena Bapak dan Ibu Guru selalu memberi materi pembelajaran yang sudah dikemas dengan menarik sehingga pembelajaran di rumah tidak membosankan. Terselenggaranya pembelajaran berbasis online ini tidak luput dari kerjasama dengan orang tua yang sudah meluangkan waktu mereka yang berharga untuk tetap mendampingi para siswa belajar di rumah. Kita berdoa semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir sehingga para siswa dapat kembali belajar di sekolah seperti sediakala.

Bukuku Bersih Bukuku Rapi

IMG 20200305 WA0007

Melakukan hal yang sederhana tidaklah sulit, asalkan kita ada kemauan, mau belajar dan berlatih. Sebagai seorang siswa, salah satu tanggung jawab adalah menjaga kerapian peralatan dan perlengkapan sekolah, salah satunya adalah buku. SD Kristen Petra 7 membekali para siswa agar mereka dapat menjadi siswa yang terampil dan mandiri dalam kerapian peralatan dan perlengkapan sekolah mereka dengan belajar menyampul buku catatan dan buku pelajaran sendiri. Para siswa kelas III membawa berbagai macam kertas kado ada juga yang membawa kertas koran. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, 27 Februari 2020. Kegiatan ini dipandu oleh Guru kelas. Guru memberi instruksi cara menyampul buku. Setelah melihat dan mendengar penjelasan dari Guru, para siswa praktik menyampul buku mereka dengan kertas kado berwarna-warni yang lucu dan menarik. Beberapa siswa belum terbiasa menyampul buku sendiri dan hasilnya kurang rapi. Namun hal ini tidak mematahkan semangat mereka untuk terus mencoba dan pada akhirnya mereka bisa melakukannya. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mandiri dalam menjaga kerapian buku-buku pelajaran mereka sehingga dapat meringankan pekerjaan orang tua di rumah.

IMG20200305091731

IMG20200305093231

Drink Juice and Stay Fresh

Drink juice and stay fresh yang artinya minum jus membuat badan tetap sehat, slogan ini memotivasi kita untuk hidup sehat. Healthy lifestyle atau hidup sehat menjadi budaya setiap orang dan harus dibiasakan sejak dini, yaitu pada usia sekolah.

IMG-20200227-WA0111.jpgIMG-20200227-WA0099.jpgIMG-20200227-WA0091.jpg

SD Kristen Petra 7 selalu memotivasi para siswa-siswinya untuk hidup sehat, salah satunya adalah mengkonsumsi buah. Pada hari Kamis, 27 Februari 2020, para siswa kelas II membuat jus buah. Guru menjelaskan pentingnya mengkonsumsi buah untuk kesehatan. Apabila tidak suka makan buah, buah dapat dibuat jus sehingga mudah dinikmati. Guru juga memberikan contoh bagaimana cara membuat jus buah yang benar. Pertama, buah segar dipotong kecil, dimasukkan ke dalam blender, tambahkan air dan gula secukupnya. Setelah mendengar penjelasan dari Guru, para siswa mulai membuat jus buah. Mereka bekerja dalam kelompok. Guru membantu para siswa memotong buah, karena siswa kelas II belum terbiasa menggunakan pisau. Guru memberi contoh menggunakan blender dan cara memasukkan buah, air, gula pasir, mengaduk hingga menuangkan hasil jus ke dalam gelas plastik. Para siswa mengamati dengan penuh perhatian dan mereka mulai berbagi tugas. Mereka sangat antusias dan bersemangat sekali. Bagi beberapa siswa, ini merupakan pengalaman pertama mereka menggunakan blender dan menekan tombol blender sendiri. Para siswa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Mereka akan mencoba membuat jus sendiri di rumah bersama orang tua.

boost the values reap the success