| |

Berkreasi Dengan Plastik

Halo, teman-teman. Apa kabar? Semoga kalian sehat selalu, ya…! Dalam kesempatan ini, kami para siswa kelas IV SD Kristen Petra 7 ingin berbagi pengalaman dalam berkreasi. Pada hari Sabtu, 5 Juni 2021, seluruh dunia memeringati World Environment Day, atau lebih dikenal dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.  Sebagai generasi bangsa, kita harus meningkatkan kesadaran bahwa kita perlu melestarikan lingkungan di sekitar kita dan memanfaatkan sumber daya alam serta memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan. Salah satu usaha untuk menjaga lingkungan adalah mengurangi sampah plastik.

berkreasi3.jpgberkreasi2.jpgBerkreasi1.jpg

Kegiatan yang dilakukan oleh kami untuk mengurangi sampah plastik  adalah mendaur ulang botol plastik bekas air mineral dan kotak plastik bekas makanan menjadi pot bunga yang lucu dan imut. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk proyek bersama orang tua yang diadakan pada hari Rabu tanggal 9 Juni 2021. Para siswa sangat antusias dan semangat membuat model pot bunga yang dihiasi dengan manik-manik serta kertas berwarna-warni. Pot-pot bunga yang cantik juga diberi warna yang indah. Teman-teman, lihat! Pot bunga kami sudah siap dipakai, diisi dengan tanah dan benih tanaman, lalu disiram setiap hari agar dapat tumbuh dan membuat bumi ini menjadi lebih indah dan asri. Terima kasih untuk papa dan mama yang sudah mendampingi kami dalam berkarya.  We love you

Doa Untuk Bangsaku

Sudah satu tahun lebih pandemi Covid 19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, yang membuat para siswa harus belajar di rumah secara online. Selain belajar, para siswa juga mengikuti beberapa kegiatan sekolah, salah satunya adalah Proyek Bersama Orang tua yang diadakan pada hari Sabtu, 30 April 2021. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa kelas III SD Kristen Petra 7. Proyek kali ini, para siswa membuat kartu doa dengan tema “Doa Untuk Bangsaku”.

project_bersama_ortu2.jpegproject_bersama_ortu4.jpegproject_bersama_ortu1.jpegproject_bersama_ortu3.jpegproject_brsama_ortu5.jpeg

Para siswa juga memanjatkan doa yang intinya meminta kekuatan dan kemurahan Tuhan agar segera membebaskan dunia ini dari pandemi. Kegiatan ini juga didukung oleh para orang tua siswa yang setia mendampingi dan membimbing anak-anak sehingga mereka dapat bertumbuh dalam kehidupan rohani mereka.

Celengan Unik Kreasiku

Pandemi tidak menghentikan kreatifitas para siswa kelas I SD Kristen Petra 7 dalam berkarya. Pada hari Sabtu, 30 April 2021, mereka mengikuti kegiatan Proyek Bersama Orang Tua dengan membuat celengan unik dari bahan daur ulang yaitu botol plastik. Dalam kegiatan ini, para siswa mempersiapkan bahan yang akan digunakan, antara lain: botol plastik, resleting, kain flannel, pola katak, lem dan gunting.

Celengan_Katak.jpegcelengan2.jpegCelengan3.jpegCelengan5.jpegCelengan4.jpeg

Orang tua mendampingi para siswa dalam proses pembuatan celengan, terutama ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan gunting dengan benar agar jari tidak terluka. Setelah selesai menggunting dan menempel, akhirnya jadi juga celengan katak yang imut dan lucu. Ayo isi celengan setiap hari. Ini kreasiku…mana kreasimu, teman-teman.

Untukmu yang Tersayang

Ketika kita berbicara mengenai cinta kasih, apa yang akan terlintas dalam pikiran kita? Yang pasti adalah perasaan saling mengasihi berbagi, menghargai, menghormati dan mendukung satu dengan yang lain. Berbagi kasih dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya yaitu membagi-bagikan coklat disertai dengan kartu ucapan kepada teman, saudara, guru, maupun orang tua. Berbagi kasih bersama orang tua di rumah dapat juga dilakukan dengan melakukan kegiatan bersama orang terkasih.  

Kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh para siswa kelas II, III dan IV SD Kristen Petra 7. Mereka mengikuti kegiatan proyek bersama orang tua pada hari Senin, tanggal 22 Februari 2021. Kegiatan yang bertemakan “Kasih Sayang” ini diikuti oleh para siswa dengan melakukan kegiatan di rumah bersama orang tua mereka.  Siswa kelas II membuat hiasan, siswa kelas III membuat kartu ucapan, dan siswa kelas IV membuat bola-bola coklat edisi yang semuanya bertema “Kasih Sayang”.

Kegiatan proyek bersama orang tua kali ini benar-benar mengasah keterampilan dan menambah kreativitas para siswa dan juga hubungan antara orang tua dengan siswa menjadi lebih dekat. Puji Tuhan. Kegiatan berjalan dengan lancar. Para siswa tidak sabar menunggu kegiatan proyek bersama orang tua berikutnya. Be creative and spread love wherever you go.

Metamorfosis Kupu-Kupu

I am a scientist! Itulah kalimat yang selalu memberi kami semangat pada saat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA, dikenal dengan science adalah salah satu mata pelajaran kesukaan kami, para siswa kelas IV SD Kristen Petra 7, terutama pada hari Selasa, tanggal 2 Maret 2021 kami  belajar tentang “Metamorfosis Kupu-Kupu”. Kupu-kupu adalah salah satu hewan yang sangat cantik, dengan sayapnya yang berwarna-warni. Meskipun kupu-kupu itu indah, ternyata kupu-kupu memulai hidupnya dari bentuk yang tak menarik. Proses perubahan yang dialami oleh kupu-kupu tersebut disebut metamorfosis. Metamorfosis kupu-kupu dikatakan sebagai metamorfosis yang paling sempurna karena dimulai dari telur yang biasanya berada di permukaan daun. Dari telur kemudian menetas berubah menjadi ulat. Ulat selanjutnya berubah menjadi kepompong. Masa kepompong akan berlangsung selama beberapa hari sebelum menjadi kupu-kupu kecil dan kupu-kupu dewasa. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur, dari telur itu maka metamorfosis dimulai lagi. Kupu-kupu bisa kita temui di padang rumput, taman dan hutan. Wah!!! menarik ya pembelajaran science kali ini.

Metamorfosis3.jpegMetamorfosis2.jpegMetamorfosis_4.jpegmetamorfosis1.jpegMetamorfosis5.jpegmetamorfosis6.jpeg

Yang lebih menantang kami adalah tugas yang diberikan oleh Bapak dan Ibu guru, yaitu membuat proses metamorfosis kupu-kupu dengan benda-benda dan alat yang tersedia di rumah.  Tugas ini memotivasi kami untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah kami dapat. Kami sangat senang mengikuti pembelajaran science hari ini. Yes!!! Science is really fun!

boost the values reap the success