| |

Belajar Memasak Nasi

cooking 01

Dalam kegiatan BLS (Basic Life Skills) kali ini, para siswa kelas VI belajar memasak nasi. Para siswa mendengarkan penjelasan dari guru dengan penuh perhatian dan mereka belajar memasak nasi, mengupas bawang, mengocok telur dan membuat nasi goreng. Hmm… nasi goreng lezat sudah siap disantap bersama. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mandiri dan memasak sendiri ketika orang tua sedang sibuk.

cooking 02

Mengupas Buah Kesukaanku

mengupas

Melatih siswa dalam melakukan keterampilan dasar sangat penting agar mereka dapat bertahan hidup ketika mereka mengalami kesulitan. Salah satu keterampilan dasar yang diajarkan di sekolah adalah mengupas buah, yang merupakan kegiatan BLS (Basic Life Skills) yang diikuti oleh semua siswa kelas V SD Kristen Petra 7. Mereka belajar memotong buah-buah kesukaan mereka, antara lain: pepaya dan jeruk. Para siswa harus berhati-hati dalam menggunakan pisau. Setelah belajar memotong, mereka menikmati buah-buahan tersebut bersama teman dan guru. Dengan kegiatan ini siswa dapat membantu orang tua  memotong buah di rumah.

Si Cantik Putu Ayu

IMG 2848

“Hati-hati ya anak-anak, jangan memberi gula melebihi takaran...” terdengar suara guru kelas IV memberi instruksi kepada siswa siswi kelas IV SD Kristen Petra 7 yang pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2019 berlatih membuat kue putu ayu. Adapun bahan kue ini sangat sederhana dan mudah didapat. Diantaranya adalah tepung terigu, gula, santan, kelapa parut, baking powder, dan pasta pandan.Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama-tama, kukuslah kelapa parut yang sudah diberi garam sedikit selama 15 menit,lalu angkat dan sisihkan.Kemudian kocoklah telur dan gula beserta dengan baking powder sampai mengembang. Setelah itu masukkan terigu dan santan yang telah direbus secara bergantian hingga tercampur rata. Berikutnya, masukkan pewarna makanan pandan dan aduk lagi sampai rata. Siapkan cetakan dan olesilah dengan minyak menggunakan kuas. Kelapa parut yang sudah dikukus tadi masukkan kira-kira ¼ bagian ke dalam cetakan dengan cara ditekan-tekan sampai padat. Tuanglah adonan ke dalam cetakan. Terakhir, kukuslah adonan selama kurang lebih 15 menit. Nah, putu ayu siap disajikan bersama dengan secangkir teh hangat. Nyam nyam...

Learning is fun!!!

Resi

Wah… tidak terasa yah Penilaian Akhir Tahun akan segera dimulai! Semua siswa siap untuk mendapatkan nilai yang bagus semester ini, terutama kami siswa-siswi kelas tiga dari SD Kristen Petra 7. Nah…kali ini kami juga mempersiapkan diri untuk menghadapi PAT ini dengan bermain sebuah permainan… horayyyyy!!! Tepatnya hari ini, Jumat, 10 Mei 2019 waktunya kami mempersiapkan diri nih untuk kelas bahasa Inggris. Seperti biasa, guru kami akan mengajak kami bermain sebuah permainan, yaitu ‘the writer and the speller’. Permainan ini sangat seru loh teman-teman dan bisa diaplikasikan dalam pembelajaran apapun di dalam kelas, karena akan membantu kita untuk cepat meningkatkan kosa kata, dan meningkatkan pengejaan kita khususnya dalam bahasa Inggris. Permainan ini dilakukan secara berpasang-pasangan, satu orang akan jadi penulis nya dan pasangannya akan menjadi speller. Pelajaran hari ini seru deh teman-teman, kami sangat senang sekali…Semoga melalui permainan ini dapat membuat kami dan juga teman-teman semakin senang belajar dalam kelas… 

IMG20190510092813

IMG20190510090321IMG20190510091000

Bakmi Goreng

Foto_Wirausaha_1.jpgFoto_Wirausaha_4.jpegFoto_Wirausaha_1.jpegFoto_Wirausaha_3.jpegFoto_Wirausaha_2.jpeg

Horeee... asyikkk!!! Demikianlah sorak kami, para siswa kelas V SD Kristen Petra 7, saat guru kami mengumumkan bahwa pada hari Senin, tanggal 25 Februari 2019, kami akan melaksanakan kegiatan wirausaha dengan membuat bakmi goreng. Dalam kegiatan tersebut, kami dibagi dalam empat kelompok yang terdiri atas tujuh hingga delapan siswa. Beberapa hari kemudian, saat yang kami tunggu-tunggu pun tiba. Kami menerima bahan masakan mi dari guru yang sudah dipersiapkan untuk dimasak. Segera saja kami berbagi tugas. Ada yang memotong ayam dan sayur, serta ada yang memasak mi. Pengalaman dalam pelaksanaan wirausaha “Membuat Bakmi Goreng (ala SD Kristen Petra 7)” ini sangat berkesan, menyenangkan, dan berguna bagi kami. Kami dilatih dan praktik secara langsung agar mudah memahami bagaimana proses pembuatannya. Setidaknya, makin bertambahnya wawasan dan keterampilan kami dalam memasak, bisa menjadi salah satu modal untuk berwirausaha di bidang kuliner saat kami dewasa kelak.

boost the values reap the success