| |

Ayo, Belajar Mandiri

Pada hari Rabu, 14 Oktober 2020, para siswa-siswi kelas II SD Kristen Petra 7 mengikuti kegiatan Pramuka. Dalam kegiatan ini, guru menjelaskan materi kemandirian, terutama dalam hal melipat baju agar kita tidak selalu bergantung pada orang lain. Guru memberi contoh dan para siswa mengikuti arahan dengan baik. Ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan karena mereka baru pertama kali melipat baju sendiri. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya para siswa dapat melipat baju dengan baik. Para siswa senang karena mereka dapat meringankan pekerjaan orang tua di rumah.       

Ayo3.jpegAyo5.jpegAyo1.jpgAyo6.jpegAyo4.jpegAyo2.jpeg
  

Selain menjaga kebersihan diri sendiri, para siswa juga belajar tentang bagaimana menjaga kebersihan di lingkungan rumah mereka masing-masing agar tetap bersih dan rapi. Guru memberikan beberapa tips, antara lain: menyapu, membuang sampah pada tempatnya, merapikan mainan, membersihkan tempat tidur dan masih banyak kegiatan yang dilakukan selama masa pandemi untuk menjaga kebersihan karena kebersihan adalah pangkal kesehatan.

Never Give Up

Pantang menyerah dan tetap semangat dalam mengikuti proses belajar di tahun ajaran 2020/2021 yang dimulai pada hari Senin, 13 Juli 2020. Puji Tuhan atas segala berkat serta anugerahNya sehingga para siswa dapat belajar dan bertemu lagi bersama Bapak dan Ibu guru meskipun pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka di sekolah melainkan secara daring.

never3.jpgnever2.jpgNever1.jpg

Sebagai ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan, para siswa SD Kristen Petra 7 mengikuti kegiatan Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021 pada hari Jumat, 17 Juli 2020 dengan tema Never Give Up yang artinya pantang menyerah. Ibadah ini dilayani oleh Bapak Danny Nobret, S.Th dan berlandaskan firman Tuhan dari kitab Roma 12: 11-12. Firman ini mengingatkan para siswa untuk tetap semangat belajar, tekun berdoa, tetap berusaha karena Allah mengasihi, memelihara dan menyertai anak-anakNya. Dengan rajin belajar, para siswa juga melayani Tuhan. Ibadah ditutup dengan doa meminta penyertaan Tuhan agar para siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik serta berkat untuk orang tua yang mendampingi para siswa selama belajar. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga para siswa dapat kembali belajar di sekolah seperti sedia kala.

Kegiatan ibadah berjalan dengan baik dan siswa mengikutinya dengan tertib. Never give up. God knows and miracle will happen. Amen.

Be Tough, Be Faithful, Keep Learning

Tidak terasa waktu cepat berlalu dan tiba saatnya bagi para siswa SD Kristen Petra 7 masuk sekolah di tahun ajaran yang baru 2020-2021. Pembelajaran tahun ajaran 2020-2021 ini berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya karena di tahun ini, para siswa mengikuti pembelajaran secara online, melalui aplikasi Zoom. Kegiatan pertama yang diikuti oleh seluruh siswa SD Kristen Petra 7 adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diadakan selama 3 hari mulai tanggal 13 Juli sampai 15 Juli 2020 dengan tema Be Tough, Be Faithful, Keep Learning yang artinya menjadi kuat (tegar), yakin dan terus belajar.

 
Be4.jpgBe1.jpgBe3.jpgBe5.jpgBe2.jpg

Dalam kegiatan ini, para siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah, tata tertib, mengenal Mandat Budaya Sekolah, budaya SADAR, memahami pencegahan Covid 19 dan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga kesehatan, kebersihan, makan sayur dan buah serta cukup istirahat.  Kegiatan ini dikemas dalam berbagai macam aktivitas yang menarik seperti: makan buah bersama, gerak dan lagu, membuat keterampilan sederhana, bernyanyi dan berbagi pengalaman selama liburan. Selain itu, para siswa juga berkenalan dengan teman-teman baru serta Bapak dan Ibu guru yang ramah dan seru. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa tidak hanya mengenal lingkungan dan budaya sekolah, melainkan para siswa dapat menjadi penerus bangsa yang kuat (tegar), yakin dan mau terus belajar untuk meraih keberhasilan. Para siswa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib.

Be Tough, Be Faithful, Keep Learning.

Fantastic Learning

Suasana berbeda terlihat di SD Kristen Petra 7 pada hari Sabtu, 15 Februari 2020. Banyak siswa-siswi TK beserta orang tua mereka  datang  dengan sukacita dan berkumpul di  aula SD Kristen Petra 7. Mereka menghadiri kegiatan Art, Science, and Charity Event dengan tema Fantastic Learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan motorik halus anak, menumbuhkan keberanian berkompetisi mulai usia dini dan menumbuhkan sikap tangguh serta pantang menyerah dalam melalui tantangan. Ada dua kegiatan utama dalam kegiatan ASCE kali ini, yaitu: Rally Game dan Lomba Mewarna. Keseruan, ketangkasan dan kelincahan para siswa TK terlihat ketika mereka mengikuti Rally Game dan harus melewati 6 pos yang tersedia, setelah berhasil melewati semua pos, para siswa mendapat goodie bag yang menarik.

Kegiatan ASCE ini juga dimeriahkan oleh perwakilan siswa kelas I, II, dan III SD Kristen Petra 7 yang tergabung dalam kegiatan Ekstrakurikuler  dan beberapa siswa kelas V yang tergabung dalam Excellent Life Skills. Mereka mendampingi adik-adik TK-B dan juga mempersembahkan tarian dan nyanyian dengan baik dengan penuh sukacita. Tidak ketinggalan pula beberapa siswa kelas VI juga bermain alat musik Kulintang. Puji Tuhan, acara berjalan dengan tertib dan lancar. Para siswa TK beserta orang tua yang mendampingi senang mengikuti acara dari awal hingga akhir.

PERSARI

Salam Pramuka! Hari Sabtu, 15 Februari adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh para siswa kelas IV SD Kristen Petra 7 karena mereka mengikuti kegiatan PERSARI (Perkemahan Satu Hari) yang diadakan di sekolah. Para siswa membawa semua perlengkapan dan berada dalam kelompok. Ada 9 kelompok dan satu kelompok terdiri dari 9-10 siswa.

IMG20200215132228.jpg1.jpgIMG20200215105153.jpg3.jpgIMG20200215080439.jpg2.jpg

Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua Pembina. Upacara berlangsung dengan lancar dan para siswa mengikutinya dengan baik. Setelah upacara, para siswa langsung berkelompok dan mengikuti beberapa kegiatan dasar dan keterampilan Pramuka antara lain: belajar tali temali dan semapur. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan istirahat makan siang dengan menu Sup Sehat. Semua siswa menikmati hidangan sehat yang sudah disiapkan dengan baik. Mereka mengambil makanan secukupnya tanpa membuang makanan.

Setelah kegiatan makan siang dan istirahat, dilanjutkan dengan kegiatan Dinamika Kelompok yang bertujuan untuk belajar bersama dan bekerjasama dalam kelompok. Dinamika Kelompok kali ini disajikan dengan berbagai permainan yang menantang seperti: permainan Seberang Selat, Halang Rintang, Blind Spot, Rolling Circle dan Membawa Nuklir. Para siswa bersemangat mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh Kakak Pembina dan mereka bekerjasama dengan kelompoknya dengan baik.

Meskipun hari sudah sore namun semangat dan antusias terlihat di wajah para siswa. Puji Tuhan, kegiatan PERSARI berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menjadi anak-anak yang tangguh, mandiri, terampil dan dapat bekerjasama dengan sesama dan orang-orang di sekitar mereka.

boost the values reap the success